EMPAT IMAM MAZHAB TERBESAR DALAM ISLAM

 

-MAZHAB YANG EMPAT-




  Sebagaimana telah diuraikan alim ulama yang cerdik pandai dalam menghadapi berbagai persoalan, apabila tidak ada nas dari AL-QUR’AN atau hadis, mereka berijtihad untuk menetapkan hukum peristiwa itu. 

   Hukum yang didapat oleh seseorang dengan ijtihad dinamakan mazhabnya. Ulama yang mempunyai mazhab yang terkenal itu banyak, bukan hanya empat , misalnya Hasan Basri, As-Saury ibnu abi Laila, Al-Auza’iy, Al-laisy, dan lain lain. 

   Mereka mempunyai mazhab sendiri, mazhab yang empat , mungkin karena pendukungnya kurang setelah ditinggalkan penyusunnya.

      Adapun mazhab yang empat terus menerus mendapat dukungan dari ulama muslimin sampai sekarang. Beratus ratus kitab telah ditulis dan disusun dari zaman ke zaman, diatur menurut mazhab masing masing dari beberapa imam itu.



1.       Mazhab Hanafi, penyusunnya yaitu imam abu hanifah, beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriah dan meninggal dunia di Bagdad pada tahun 150 Hijriah. Beliau belajar di kufah, dan disanalah beliau mulai Menyusun mazhabnya , kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengentahuannya di bagdad . Beliau memberikakan penerangan kepada segenap lapisan muslimin, sehingga beliau terkenal sebagai seoarang alim yang terbesar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqh serta pandai meng-istimbat-kan hukum dari Al-Qur’an dan hadis.

Menurut Riwayat yang dapat di percaya, beliau adalah wadi’ ilmu fiqh ( yang mula mula Menyusun ilmu fiqh sebagaimana susunan sekarang ini). Beberapa ulama telah bergaul dengan Abu Hanifah, mereka pelajari mazhab beliau dan hukum yang mereka dapat dari beliau itu mereka tulis ( di bukukan) . mereka sebagai pendukung mazhab Abu Hanifah . kemudian sebgaian besar dari mereka Kembali menyelidiki dan memeriksa hukum hukum tadi dengan memeriksa dalil dalilnya serta di sesuaikan dengan keadaan keadaan kefaedahan dan kemudaratannya, sehingga beberapa diantara mereka ada yang tidak mufakat terhadap Sebagian dari hukum hukum yang telah di tetapkan oleh imam tadi, bahkan mereka tetapkan hukumnya menurut pendapat mereka sendiri, berbeda dengan pendapat Imam Abu Hanifah. Merka inilah dinamakan sahabat sahabat Abu Hanifah, diantaranya ayaitu Abu Yusuf, Muhammad Bin Hasan, dan Zufar. Mazhab ini banyak tersiar di Bagdad, parsi, Bukhara,mesir, syam , dan tempat tempat lain.

2.       Mazhab maliki, nama penyusunnya adalah Malik bin Anas Al-Asbahi. Beliau di lahirkan tahun 93 hijriah dan meninggal dunia dalam bulan safar tahun 170 hijriah. Beliau belajar di Madinah, dan disanalah beliau menulis kitab Al-Muwatta, kitab hadis yang terkenal sampai sekarang , beliau Menyusun kitab tersebut atas anjuran khalifah mansur Ketika beliau bertemu pada waktu menunaikan ibadah haji.

Beliau nyusun mazhabnya atas empat dasar: kitab suci, sunah rasul, ijma, dan qias. Hanya, dasar yang terakhir ini beliau gunakan dalam hal hal yang terbatas sekali karena beliau adalah ahli hadis. Beliau berkata “ sesungguhnya saya sebagai manusia biasa kadang kadang betul dan kadang kadang salah, maka hendaklah kamu periksa dan kamu selidiki pendapat pendapatku itu; mana yang sesuai dengan sunnah, ambillah”.

Imam malik adalah ahli fiqh dan hadis, pada masanya beliau terbilang paling berpengaruh di seluruh hijaz, orang menyebutnya “sayyid fuqaha al-hijaz”( pemimpin ahli fiqh di seluruh daerah hijaz). Beliau mempunyai banyak sahabat (murid), diantaranya yang terkemuka ialah Muhammad bin idris bin syafii, al-laisy bin sa’ad, abu Ishaq al-farazi. Pengikut mazhab ini yang terbanyak terdapat di Tunisia,Tripoli,magribi, dan mesir.

3.       Mazhab syafii. Nama penyusunnya yaitu Muhammad bin idris bin syafii, keturunan bangsa Quraisy. Beliau dilahirkan di khuzzah tahun 150 hijriah, dan meninggal dunia di mesir tahun 204 hijriah. Sewktu berumur7 tahun, beliau telah hafal Al-QUR’AN. Setelah berumur 10 tahun , beliau hafal Al-Muwatta ( kitab guru beliau, imam malik). Setelah beliau berumur 20 tahun, beliau mendapat izin dari gurunya ( muslim bin khalid) untuk berfatwa. Kata ali bin usman, “saya tiidak pernah meliaht seseorang yang lebih pintar dari pada syafii. Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang menyamainya di masa itu. Ia pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah, dapat dijamin 90 % akan menegenai sasaran.”

    Ketika berumur 20 tahun, beliau pergi ke Madinah karena mendengar kabar tentang imam malik yang begitu terkenal sebagai seorang ulama besar dalam ilmu hadis dan fiqh. Disana beliau belajar kepada imam malik. Kemudian beliau pergi ke irak, disana bergaul dengan sahabat-sahabat imam abu hanifah, beliau terus ke paris dan beberapa negeria lain. Kira kira dua tahun lamanya beliau dalam perjalanan ini.

     Dalam perjalanan ke negeri-negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang keadaan penghidupan dan tabiat manusia. Misalnya keadaan yang menimbulkan perbedaan adat dan akhlak, sangat berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa-peristiwa yang akan beliau hadapi. Kemudian beliau diminta oleh khalifah harun ar-rasyid supaya tetap tinggal di bagdad. Setelah menetap di bagdad, disanalah beliau menyiarkan agama, dan pendapat-pendapat beliau diterima oleh segala lapisan.

     Belaiu bergaul baik dengan rakyat maupun dengan pemerintah, bertukar pikiran dengan ulama-ulama terutama sahabat sahabat imam abu hanifah, sehingga denagan pergaulan dan pertukaran pikiran itu beliau dapat Menyusun “Qadim” (pendapat beliau yang pertama). Kemudian beliau Kembali ke mekah hingga tahun 198 hijriah. Pada tahun itu pula belia pergi ke mesir, disana beliau Menyusun pendapat beliau yang baru (qaulul jaidi).

     Kata kata syafii yang sangat perlu menjadi perhatian, terutama bagi ulama yang mendukung dan mengikuti mazhab syafii, ialah:” apabila hadis itu sah, itulah mazhabku, dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku.” Prngikut mazhab syafii yang terbanyak ialah di mesir , Kurdistan, yaman, aden, hadramaut, mekah, Pakistan, dan Indonesia.

4.       Mazhab Hanbali. Nama penysunnya ialah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal, beliau dilahirkan di bagdad dan meninggal dunia pada hari jum’at tanggal 12 Rabiul Awal tahun 241 Hijriah. Semenjak kecil beliau belajar di bagdad, syam, hijaz, dan yaman. Beliau adalah murid imam syafii. Syafii memuji beliau. Kayanya” saya keluar dari bagdad tidak saya tinggalkan disana seorang yang lebih takwa, lebiah wara’ dan lebih alim selain Ahmad bin Hanbal, yang sungguh banyak menghafal hadis.”

    Murid beliau banyak yang terkemuka, diantaranya yaitu Bukhari dan Muskim. Beliau berpegang teguh pada fatwa sahabat apabila tidak ada nas, beliau Menyusun mazhabnya atas 4 dasar.

 Dasar pertama ialah nas Qur’an dan hadis. Dalam soal yang beliau hadapi, beliau selidiki ada atau tidaknya nas, kalai ada nas, beliau berfatwa menurut nas itu.

  Dasar kedua ialah fatwan sahabat. Dalam satu peristiwa, apabila tidak ada nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau cari fatwa para sahabat. Apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat, sedangkan beliau tidak melihat bantahannya dari sahabat sahabat lain, beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi. Jika fatwa itu berbeda antara beberapa sahabat, beliau pilih yang lebih dekat pada kitab atau sunnah.

  Dasar ketiga ialah Hadis mursal atau lemah, apabila tidak bertentangan dengan dalil dalil yang lain.

  Dasar keempat ialah qias. Beliau tidak memakai qias kecuali apabila tidak ada jalan lain.

Beliau sangat hati-hati dalam melahirkan fatwa apabila tidak ada nas atau asar sahabat. Kemungkinan besar karena sngat hati hatinya beliau menjalankan fatwa itulah yang menyebabkan lambatnya mazhab beliau tersiar di daerah daerah yang jauh, apalagi murid-murid beliau pun sangat berhati-hati pula. Mula-mula mazhab itu tersiar di bagdad, kemudian berangsur-angsur keluar ke daerah-daerah lain.

Sekarang yang terbanyak pengikutnya ialah hijaz, apalagi sesudah Raja ibnu sa’ud menetapkan bahwa mazhab Hanbali menjadi mazhab resmi bagi pemerintah Saudi arabia. Dimesir tidak tampak mazhab ini kecuali pada abad ke-17 Hijriah. Hingga sekarang tidak banyak rakyat mesir yang mengikuti mazhab ini.

Demikian ringkasan perkembangan hukum fiqh islam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EMPAT IMAM MAZHAB TERBESAR DALAM ISLAM"

Post a Comment